HOT NEWs

Sunday, November 29, 2009

PJI

Penyelenggara Jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet Service Provider (ISP)) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.
Pilihan hubungan ISP
Biasanya, ISP menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori: modem ("dial-up") dan jalur lebar. Hubungan dial-up sekarang ini banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa. Hubungan jalur lebar dapat berupa ISDN, non-kabel, kabel modem, DSL, Internet satelit. Broadband dibanding modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu "on", namun lebih mahal.
Solusi Intranet memungkinkan terjadi pertukaran data dan suara antara satu tempat dengan tempat lain nya di dalam satu kota yang sama atau bahkan kota yang berbeda melalui jaringan broadband wireless, broadband satelit / vsat atau broadband fiber optic.

ISP adalah perusahaan yang memberikan sambungan ke internet untuk para individu dan perusahaan. Salah satu bentuknya yaitu terhubung ke ISP lewat line telepon menggunakan komputer dan modem (cara seperti ini sudah mulai ditinggalkan karena kecepatannya tidak memadai). Sang ISP kemudian mengatur lalu lintas data menuju internet.

SP biasanya memberikan banyak jenis layanan.
Dial-up: Koneksi ke ISP menggunakan modem dan jalur telepon. Ini adalah yang paling umum, namun sudah mulai ditinggalkan. Kecepatannya paling tinggi hanya 56kbps. Tarifnya pun tidak bisa dibilang murah. Contoh telkomnet instan yang memberikan tarif Rp. 165/menit, atau Rp. 9900 perjamnya. Saya menggunakan koneksi seperti ini hanya kalau benar-benar "kepepet". Mendingan ke warnet deh.
DSL: Koneksi tipe ini sangat populer. Dengan menggunakan jalur telepon rumah seperti dial-up, tapi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Anda juga tetap dapat menggunakan telepon seperti biasa berbarengan dengan koneksi internet. Tipe koneksi ini cocok untuk pengguna rumahan yang cukup banyak menggunakan internet dengan tarif sekitar Rp 200.000 - 350.000 per bulannya. Untuk pengguna kantor dan warnet yang tidak terlalu besar juga cocok, dimana tersedia layanan SOHO yang berkisar 1.7 juta hingga 2 juta. Para pemakai kantoran "kelas berat" dapat memilih layanan yang lebih cepat dengan membayar tariff lebih mahal, sekitar 4 sampai 5 juta.
Cable: Jika anda bisa menikmati TV kabel di rumah, anda dapat juga berlangganan internet dengan menumpang jalur TV kabel ini. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 350.000 - 500.000 per bulannya untuk personal, dan sekitar 1.5 juta untuk pelanggan SOHO.

Satelit: Layanan ini menggunakan piringan satelit untuk terhubung ke ISP. Harganya cukup mahal tapi cocok bagi mereka yang berada di tempat yang terisolasi, seperti daerah pedalaman yang belum terjangkau layanan internet. Wireless: Saat ini layanan internet wireless sedang populer di Indonesia. Menggunakan wireless radio cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan layanan internet cepat tanpa kerepotan kabel. Biasanya ISP yang menyediakan layanan ini karena mereka dapat menyediakan koneksi internet cukup murah tanpa adanya pihak ketiga seperti DSL dan cable. Anda membutuhkan sebuah wireless radio dan antena yang memadai. Harga untuk koneksi tipe ini sangat bervariasi. Untuk personal umumnya sekitar 200-500 ribu rupiah. Untuk para warnet dan kantor yang membutuhkan jalur lebih lebar, ada berbagai pilihan sesuai kebutuhan.

Memulai Posting
Seperti kami janjikan sebelumnya, bahwa kami akan membahas secara khusus mengenai penulisan artikel di wordpress. Pada intinya di wordpress ada dua jenis artikel, yaitu post dan page. Posting adalah artikel yang tersusun dan terstruktur juga terurut. Berbeda dengan posting, page berdiri sendiri sebagai halaman blog dan terpisah dengan posting. Pada website portal, post bisa diibaratkan sebagai berita selalu update, sedangkan page merupakan halaman web lainnya yang berdiri sendiri. Semoga bisa dimengerti.
Langsung saja ke materi, setelah anda login ke wp-admin silahkan klik Write. Anda akan melihat tampilan sebagai berikut:
Title adalah judul dari artikel yang akan anda tulis, dibawahnya ada teks editor untuk mengisi artikel anda. Di teks editor tersebut ada beberapa icon yang akan membantu anda dalam menulis dan memanage artikel anda. Saya yakin icon-icon diatas sudah familiar dengan anda karena fungsi dan gambarnya sama dengan icon-icon di word processor seperti ms-word atau open office. Beberapa icon yang beda mungkin cara memasukan images atau media lain seperti flash shockwave. Seperti anda lihat, dibagian atas teks editor ada 4 icon Add Media. Secara berurut adalah images, video, sound dan add media secara umum. Keempat icon diatas akan masuk ke media library, jadi jika suatu saat dibutuhkan kembali anda bisa memanggilnya di menu Media Library.
Disamping teks editor ada satu bagian lagi diantaranya adalah Publish Status. Publish artinya adalah anda mempublikasikan tulisan anda. Jika anda save saja, artikel yang anda tulis akan tersimpan di sistem dan tidak dipublikasikan. Dibagian ini ada kelebihan yang sangat penting, yaitu di atas tombol Save dan Publish ada link edit. link tersebut untuk mengatur waktu publish artikel anda. Jadi anda bisa setting kapan artikel tersebut di publish sebagai schedule.
Dibagian bawah Teks Editor ada Bagian tag untuk mengelompokan artikel anda berdasar tag. Sedangkan dibawahnya lagi ada Categories untuk mengelompokan artikel yang anda tulis berdasar kategori yang ada di blog anda. Bagian bawah dari categories jarang sekali digunakan kecuali untuk kepentingan tertentu. Misalnya Coments and Pings anda bisa mensetting apakah artikel yang anda tulis tersebut mengijinkan pengunjung untuk memberikan komentar atau tidak. Password Protect This Post untuk memproteksi artikel anda dengan password, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.
Fasilitas-fasilitas lainya adalah tambahan yang berkenaan dengan link back atau tampilan dari artikel anda.
Template posting akan menghemat waktu pengguna dengan mem-praformat editor posting. Beberapa pengguna ingin agar posting mereka diformat dengan cara tertentu. Misalnya, beberapa mungkin ingin menghubungkan ke artikel pada baris pertama, kemudian mengutip lagi di bawahnya. Dalam hal ini, tag blockquote dan link dapat dimasukkan ke dalam template posting dan mereka akan muncul, dan siap untuk diisi, pada setiap posting baru.

Posting adalah postingan yang paling popular yang mungkin paling sering diklik atau paling banyak mendapat komentar.Widget ini hasil buatan Amanda Fazani .Cara pemasangannya pun tidak terlalu sulit.Anda tinggal mengikuti langkah-langkah cara membuat Widget Top Posting ini sebagai berikut:

1.Login pada Blogger.
2.Klik Layout pada Dashboard.
3.Lalu pada Page Element, klik Add A Gadget
4.Pilih HTML/Javascript.
5.Masukkan kode dibawah ini.
6.Gantilah kalimat namablog dengan nama blog anda.
7.Lalu num=10, yang mana angka 10 posting yang akan ditampilkan.Anda boleh menggantinya
.8.Selanjutnya Save Widget Top Posting sudah terpasang, tinggal terserah anda akan meletakkannya dimana.

BLOGGROL

 
This Blog is proudly powered by joe_higashie Corp. | Template by sahala tua situmorang